SIKAP GURU KELAS TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF WILAYAH KABUPATEN MAGELANG

Amin, Mustofa (2017) SIKAP GURU KELAS TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF WILAYAH KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Amin Mustofa_12103241077.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap guru kelas terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif wilayah Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang ada di sekolah dasar inklusif wilayah Kabupaten Magelang. Objek penelitian ini berupa sikap guru kelas terhadap anak berkebutuhan khusus. Penelitian bertempat di sekolah dasar inklusif wilayah Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala sikap. Skala sikap yang digunakan telah diuji validitasnya isi melalui expert judgement dan penghitungan statistik dengan rumus Pearson Correlation. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Metode menganalisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 25% guru kelas memiliki sikap terhadap anak berkebutuhan khusus kategori sangat baik, 70,83% guru kelas memiliki sikap terhadap anak berkebutuhan khusus kategori baik, 4,17% guru kelas memiliki sikap terhadap anak berkebutuhan khusus dalam kategori sangat buruk. Sikap guru kelas terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif secara rata-rata berada dalam kategori baik yaitu 220,92. Guru yang memiliki sikap terhadap anak berkebutuhan khusus kategori baik memiliki pengetahuan, keyakinan, dan pandangan yang baik terkait anak berkebutuhan khusus. Guru kelas yang berada dalam kateogori baik juga memiliki perasaan serta toleransi yang baik terhadap anak berkebutuhan khusus, serta guru cenderung siap menjadi teladan dan bersedia menjalin komunikasi dengan anak berkebutuhan khusus. (2) Sikap guru kelas berdasarkan gender menujukan bahwa guru wanita dan guru pria memiliki rata-rata skor sikap kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 15 Mar 2017 06:59
Last Modified: 15 Mar 2017 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48052

Actions (login required)

View Item View Item