LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Nurul Rahmadhani, Nurul Rahmadhani (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURUL RAHMADHANI_13108241055.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari kurikulum di Universitas Negeri Yogyakarta bagi mahasiswa jurusan kependidikan sebagai kegiatan latihan mahasiswa yang bersifat intrakulikuler. Kegiatan ini mencakup kegiatan praktek mengajar dan kegiatan persekolahan yang lain dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang profesional. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan maupun sebagai upaya persiapan untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat. Kegiatan PPL dimaksudkan untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan, memahami seluk-beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan dalam program PPL adalah mengajar mata pelajaran dasar selama kurang lebih dua bulan dimulai tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016. PPL terdiri dari terbimbing, mandiri dan ujian. Sebelum proses pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Program kerja PPL diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga.Praktikan menyusun perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lain. Berdasarkan observasi, dilakukan penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, menyusun dan mengembangkan alat evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari administrasi guru, pengembangan media, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL, dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Panggang, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48047

Actions (login required)

View Item View Item