PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENULISDIKELAS II DI SD BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Nuraini, Fauziah Zain (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENULISDIKELAS II DI SD BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nuraini Fauziah Zain_12103244056.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan menulis permulaan anak berkesulitan belajar menulis kelas II SD, (2) mengembangkan modul menulis permulaan yang sesuai dengan kemampuan anak berkesulitan belajar menulis kelas II SD, (3) mengetahui kelayakan modul pembelajaran menulis permulaan untuk anak berkesulitan belajar menulis kelas II SD, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran menulis permulaan. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan pada 10 tahapan dari Borg and Gall (Sugiyono, 2015) yang disederhanakan menjadi 3 tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan pembuatan produk, dan (3) pengembangan produk. Subyek penelitian yaitu satu siswa berkesulitan belajar menulis kelas II SD. Data diperoleh melalui observasi terintegrasi tes, tes kemampuan persepsi visual dan auditori, tes keterampilan menulis permulaan, dokumentasi hasil belajar, angket validasi produk, dan angket respon siswa. Data hasil observasi, tes, dan dokumentasi dianalisis melalui teknik analisis data kualitatif melalui prosedur pengodean dengan langkah-langkah: pengodean terbuka, pengodean berporos, dan pengodean berpilih. Data uji validasi ahli materi dan guru kelas dan respon siswa dianalisismenggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut.Pertama, anak berkesulitan belajar di kelas 2 SD memiliki kesulitan menulis pada aspek bentuk, ukuran, spasi, penghilangan huruf, penambahan huruf, dan penggantian huruf.Kedua, Produk yang dikembangkan berupa modul menulis permulaan untuk anak berkesulitan belajar kelas 2 SD yang berjudul “Menulis, Yuk!”.Ketiga, adapun hasil uji validasi ahli materi dan guru kelas didapatkan rata-rata dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan adalah 4,07 berkategori “baik” dengan tingkat kelayakan 81,4%.Keempat, hasil respon siswa mendapatkan nilai 70% yang berarti modul pembelajaran menulis permulaan “mudah digunakan”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48042

Actions (login required)

View Item View Item