LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Saverinus Prima Aditya, Saverinus Prima Aditya (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SAVERINUS PRIMA ADITYA 13301244022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan suatu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama kuliah di UNY. Dalam hal ini warga sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2016 adalah SMA Negeri 1 Banguntapan yang beralamat di Ngentak, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Pelaksanaan program PPL di SMA N 1 Banguntapan observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 18 Juli sampai 15 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, pratikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 dengan alokasi waktu 2x45 setiap pertemuannya. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMA N 1 Banguntapan adalah masalah pengelolaan kelas . Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan siswa-siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 1 Banguntapan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Mar 2017 01:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48025

Actions (login required)

View Item View Item