Uun Vaedah, Uun Vaedah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13207141045_UUN VAEDAH.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) semester khusus tahun 2016 telah dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sewon, Cangkringmalang, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186 selama 2 bulan sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam kehidupan masyarakat, yaitu masyarakat sekolah. Dengan program PPL ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Negeri2 Sewon mahasiswa mengajarkan materi Jahit Aplikasi untukkelas XI Tektstil. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media pembelajaran, dan pembuatan RPP. Program kegiatan PPL di SMK Negeri 2 Sewon mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016 antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik. Mahasiswa mendapat kesempatan minimal 8 kali pertemuan di kelas, 1 kali pengadaan ulangan harian, dan 2 kali mengajar insidental. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran, dan fungsinya selama PPL dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan pembelajaran materi JahitAplikasi di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah, serta piket, dankegiatan lain yang dilakukansekolah. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaann meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Dampak positif bagi mahasiswa PPL berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing serta dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya KBM. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMK Negeri 2 Sewon, Program PPL |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 01:33 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |