PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP 3 SEWON

Krispin Anggraini, Krispin Anggraini (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP 3 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KRISPIN ANGGRAINI_13208241028_SENI MUSIK.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. SMP N 3 Sewon berlokasi di Kaliputih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul yang merupakan suatu sekolah menengah pertama di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. Program PPL di SMP N 3 Sewon dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan evaluasi. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, dan praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 23 kali tatap muka yang dihitung 11 kali pertemuan untuk 4 kelas. yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan ceramah. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum, dan buku paket. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik sangat aktif dan antusias dalam praktikum sehingga segera melakukan praktikum tanpa memperhatikan petunjuk dari guru. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan pubertas, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa. Dengan harapan bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMP 3 SEWON
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Mar 2017 00:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47920

Actions (login required)

View Item View Item