LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP NEGERI 3 SEWON

Tri Astuti, Tri Astuti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP NEGERI 3 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRI ASTUTI_13205241060_BAHASA JAWA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMP N 3 SEWON beralamat di Dusun Kali putih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul dan berlangsung dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan dan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2016, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 27 Februari 2016, kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 18 Juli - 15 September 2016 yaitu praktik mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Bahasa Daerah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMP N 3 SEWON
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 08:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47911

Actions (login required)

View Item View Item