Pengembangan Modul Tematik Integratif Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta.

Agustina, Ratna Sari (2017) Pengembangan Modul Tematik Integratif Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-sari-agustina-14712251067.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menghasilkan modul tematik integratif berbasis HOTS yang layak dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur, Yogyakarta; dan (2) mengetahui efektivitas modul tematik integratif berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur Pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi dari pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah. Kesepuluh langkah tersebut adalah (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi hasil uji coba kelompok besar, (8) uji lapangan, (9) revisi akhir, (10) diseminasi dna implementasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, skala penilaian produk modul, soal tes kemampuan berpikir kritis, soal tes pengetahuan, lembar observasi sikap ingin tahu, dan lembar penilaian kinerja keterampilan membuat karya siswa, angket respon guru, dan angket respon siswa. Keefektifan produk diuji melalui quasi eksperiment. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa modul tematik integratif berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). (1) hasil penelitian ahli menunjukkan bahwa modul tematik integratif berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) tersebut layak menurut ahli media dengan kategori “sangat baik” dan ahli materi dengan kategori “baik”. Respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan modul berkategori “sangat baik”. (2) hasil uji coba menunjukkan bahwa modul modul tematik integratif berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) efektif dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa. Hal ini didasarkan hasil uji coba lapangan didapat p < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan modul dan tidak menggunakan modul terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul tematik integratif, higher order thinking skill, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 13 Mar 2017 07:31
Last Modified: 13 Mar 2017 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47904

Actions (login required)

View Item View Item