LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016)

Titis Aprilia Dian Pratiwi, Titis Aprilia Dian Pratiwi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241060_TITIS_APRILIAN_DIAN_PRATIWI_PG-PAUD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah serangkaian kegiatan yang diprogramkan bagi mahasiswa yang meliputi baik latihan mengajar di dalam kelas (yang bersifat akademik) maupun latihan mengajar di luar kelas (yang bersifat non akademik). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar maupun tugas-tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa calon guru. Mata kuliah PPL, terbagi menjadi dua yaitu mata kuliah pengajaran mikro yang disebut dengan micro teaching dan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Pada kegiatan PPL kali ini kelompok 4 dari Prodi PG PAUD ditempatkan di Dusun Plebengan, Kelurahan Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul tepatnya di TK KKLKMD Sidomaju yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang sudah didapat dari perkuliahan. Pelaksanaan PPL diawali dengan observasi di TK KKLKMD Sidomaju. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan PPL yang meliputi progam pengajaran dan non pengajaran. Kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelompok A dan B yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas A1 dengan jumah siswa 14, kelas A2 dengan jumlah siswa 15, kelas A3 dengan jumlah siswa 16, kelas B1 dengan jumlah siswa 26 dan kelas B2 dengan jumlah siswa 17. Masing-masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak delapan kali di kelas A dan B yang meliputi empat kali terbimbing, dua kali mandiri, dan dua kali ujian. Selain kegiatan pembelajaran kegiatan PPL juga meliputi kegiatan non pengajaran yaitu mural, special day berupa kegiatan jalan-jalan, menghias roti dan makan bersama. Selain itu juga diadakan lomba anak untuk memperingati HUT RI. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di TK KKLKMD Sidomaju dapat berjalan secara lancar berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, TK KKLKMD Sidomaju
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 05:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47896

Actions (login required)

View Item View Item