LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016)

Alfiana Falan Syarri Auliya, Alfiana Falan Syarri Auliya (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241059_ALFIYANA FALAN SYARRI AULIYA _PG-PAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di TK KKLKMD Sidomaju telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang bertujuan sebagai sarana untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat di selama perkuliahan. Penyelenggaraan kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah atau lembaga untuk meningkatkan kualitas lembaga dan tenaga pendidik, serta mahasiswa itu sendiri dalam segi kualitas.Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya . Pelaksanaan PPL diawali dengan kegiatan observasi di TK KKLKMD Sidomaju dari berbagai komponen pendidikan khususnya dalam hal kegiatan belajar mengajar, baru kemudian mahasiswa melakukan kegiatan micro teaching sebelum terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelompok yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas A1 dengan jumah siswa 14, kelas A2 dengan jumlah siswa 15, kelas A3 dengan jumlah siswa 16, kelas B1 dengan jumlah siswa 26 dan kelas B2 dengan jumlah siswa 17. Masingmasing mahasiswa berkesempatan mengajar sebanyak delapan kali yaitu empat kali di kelas A dan empat kali di kelas B yang meliputi empat kali terbimbing, dua kali mandiri, dan dua kali ujian. Selain kegiatan pembelajaran kegiatan PPL juga kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah non mengajar berupa special day yang merupakan program baru di sekolah yang dicetuskan oleh mahasiswa PPL yaitu berisi kegiatan selain kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali berupa jalan-jalan,membuat roti bersama, dan lainlain; mural, dan lomba-lomba untuk memperingati HUT RI. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di TK KKLKMD Sidomaju dapat berjalan secara lancar berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah. Setelah pelaksanaan progam PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PPL yang telah diaksanakan selama dua bulan. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar dan mahasiswa mampu mengatasinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 05:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47895

Actions (login required)

View Item View Item