LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI 1 SEKARSULI

Imron Wahyono, Imron Wahyono (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI 1 SEKARSULI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_IMRON WAHYONO_13108241128.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada semester khusus 2016 selama 2 bulan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang dilaksanakan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia kerja sesuai dengan jurusan yang diambilnya. Sebagai wujud nyata pelaksanaan Program PPL, UNY bekerjasama dengan SD Negeri 1 Sekarsuli yang ditunjuk sebagai salah satu instansi bagi mahasiswa untuk melaksanakan PPL. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. PPL pada semester khusus 2016 berlangsung dari tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Program PPL terdiri dari Program Mengajar dan Program Non Mengajar. Program Mengajar merupakan program utama mahasiswa praktikan. Program ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program ini dilakukan selama 10 kali mengajar yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, dan 2 kali mengajar ujian. Mahasiswa praktikan melakukan kegiatan mengajar di kelas tinggi dan kelas rendah dengan mata pelajaran eksakta dan non-eksakta. Program non-mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa praktikan adalah program-program di luar kegiatan mengajar yang masih berkaitan dengan kepentingan sekolah seperti pengecetan lapangan bermain, pendampingan pramuka, pembuatan TOGA, lomba 17 Agustus, dan pengelolaan perpustakaan. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan kegiatan PPL mahaiswa dapat menambah pengalaman dan dapat meningkatkan kemampuannya dalam mendidik. Mahasiwa dapat belajar langsung di lapangan kerja yang sesungguhnya\, yang tidak dapat mereka dapatkan di kampus. Secara keseluruhan PPL di SD Sekarsuli dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, dan SD Negeri 1 Sekarsuli
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 04:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47889

Actions (login required)

View Item View Item