LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI I IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Andi Nurrahmawan, Andi Nurrahmawan (2016) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI I IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13406244019_Andi Nurrahmawan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. PPL juga merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang dimiliki sesuai bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 di SMA N 1 Imogiri. Mahasiswa PPL bertugas untuk mempersiapkan keperluan atau perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan terhadap mahasiswa dalam mengelola kelas serta memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa. Kegiatan PPL meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh UNY, kelompok maupun individu yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar. Hasil dari kegiatan PPL di SMA N 1 Imogiri antara lain praktik mengajar mata pelajaran Sejarah sebanyak 7 kelas di kelas X1 sampai X7. . Pelaksanaan kegiatan PPL di SMA N 1 Imogiri dapat dilaksanakan dengan lancar berkat adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah, kepala sekolah dan mahasiswa. Hal ini tidak terlepas juga dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa PPL serta peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan demikian, kegiatan PPL ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di kelas agar dapat berguna dimasa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, Sejarah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 00:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47859

Actions (login required)

View Item View Item