LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/1017

SRI SUWARNI YULIATININGSIH, SRI SUWARNI YULIATININGSIH (2016) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/1017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13304241041_Sri Suwarni Y.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Imogiri telah dilaksanakan pada tanggal 18 Juli-15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 20 mahasiswa dari 10 program studi, yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Jerman, PJKR, dan Bimbingan Konseling. Tujuan PPL adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal ulangan harian, analisis hasil ulangan harian, serta kegiatan non kependidikan lainnya yang diselenggarakan oleh sekolah. Praktik mengajar dimulai tanggal 26 Juli sampai dengan 9 September 2016, dilakukan sebanyak 20 kali pertemuan di kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3. Jadwal mengajar untuk kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 adalah hari Senin, Selasa, serta Jum’at sedangkan untuk kekas XI IPA 3 adalah hari Seni dan hari Jum’at. Materi pokok yang diajarkan untuk Mata Pelajaran Biologi adalah Sel, Jaringan Tumbuhan dan Jaringan Hewan. Kegiatan dilakukan dengan Kurikulum 2006. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi Guru yang baik. Dan juga melalui kegiatan PPL ini, dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Biologi, PPL, SMA Negeri 1 Imogiri
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 00:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47856

Actions (login required)

View Item View Item