LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Pratama Gilang Ramadhan, Pratama Gilang Ramadhan (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_UNY_PRATAMA GILANG RAMADHAN_13601241024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Progrma Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu caramengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru ataupendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitumasyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupunkegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkandapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa,terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMA N 2 BANGUNTAPAN Bantul beralamat di Jl. Imogiri Timur, Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan berlangsung daritanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Olahraga kelas XII IPA 2, XII IPA 1, X IPS 1, XII IPA 3, XII IPA 4, XII IPS 1, dan XII IPS 2, dengan pembimbing bapak Drs. Dwi Suhirna. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL,dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada Februari 2016 , pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada 24 Februari 2016,kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 20 juli - 8 September 2016 . Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untukpembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untukmenjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang manapada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar,bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang eratkaitannya dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, SMA N 2 BANGUNTAPAN Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Mar 2017 02:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47818

Actions (login required)

View Item View Item