LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Clara Elys Yunita, Clara Elys Yunita (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN SOSIOLOGI_CLARA ELYS YUNITA_13413241019.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Setiap insan manusia pada dasarnya memerlukan pendidikan, sebab pendidikan disebut juga sebagai satu asset yang penting bagi kehidupan manusia. Pada saat ini setiap keahlian seseorang dalam suatu pekerjaan menjadi acuan akan kualitas orang tersebut. Pendidikan yang baik apabila mendapatkan pengajaran dari pendidik yang berkualitas pula. Oleh sebab itu dalam peningkatan taraf pendidikan dapat dilakukan dari peningkatan kompetensi tenaga pengajarnya. Universitas Negeri Yogyakarta sebagai kampus pencetak tenaga pendidik berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikannya agar menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional serta siap bersaing dalam dunia kerja. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu dari usaha yang diupayakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengasah kemampuan mahasiswa-mahasiswi dalam praktik mengajar serta memberikan pengalaman bagi mereka sebelum terjun ke lapangan pekerjaan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kali ini dilaksanakan pada semester khusus yaitu tanggal 15 Juli sampai 16 September 2016. Program PPL ini merupakan mata kuliah wajib tempuh serta lulus bagi semua mahasiswa-mahasiswi yang mengambil jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Pada program PPL 2016, penulis diterjunkan oleh LPPMP di SMA Negeri 2 Bantul yang berlokasi di Jl. R.A. Kartini Trirenggo, Bantul. Program ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman nyata bagi mahasiswa serta diharapkan dapat mampu menerapkan berbagai ilmu yang pernah diperoleh di kampus. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Dari hasil observasi dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2016 diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 26 Juli 2016 sampai 09 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar 14 kali pertemuan (28 jp) di setiap kelasnya, mahasiswa diberi kesempatan mengajar dua kelas yakni kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA negeri 2 Bantul ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Sosiologi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik, Mengajar, Lapangan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2017 00:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47776

Actions (login required)

View Item View Item