LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANTUL

Baron Sanggha Waskito Aji, Baron Sanggha Waskito Aji (2016) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS_BARON SANGGHA WASKITO_13202241048.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Setiap insan manusia pada dasarnya memerlukan pendidikan, karena pendidikan disebut sebagai suatu aset yang penting bagi kehidupan manusia. Pada saat ini setiap keahlian seseorang dalam suatu pekerjaan menjadi tolok ukur kualitas orang tersebut. Pendidikan yang berkualitas ialah apabila anak didik mendapatkan pendidikan dari pendidik yang berkualitas pula. Oleh sebab itu, peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan melakukan peningkatan kompetensi tenaga pendidiknya. Universitas Negeri Yogyakarta yang terkenal sebagai kampus pencetak tenaga pendidik berusaha untuk meningkatkan kualitas calon-calon pendidiknya agar menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional serta siap bersaing dalam dunia kerja. Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu dari sekian banyak usaha yang diupayakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengasah kemampuan mahasiswa-mahasiswinya dalam praktek mendidik serta memberikan pengalaman bagi mereka sebelum terjun ke lapangan pekerjaan yang sebenarnya. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) kali ini/yang penulis ikuti dilaksanakan pada semester khusus yaitu tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Program PPL ini merupakan mata kuliah wajib tempuh serta lulus bagi semua mahasiswa-mahasiswi yang mengambil jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Pada program PPL 2016 ini, penulis diterjunkan oleh LPPMP di SMA Negeri 2 Bantul yang berlokasi di Jl. R.A. Kartini Kelurahan Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Program ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman nyata bagi mahasiswa dan diharapkan para mahasiswa mampu menerapkan berbagai ilmu yang diperoleh dari kampus. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Dari hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2016, diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang ada yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah namun belum dikembangkan dengan optimal. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Praktek mengajar dilaksanakan tanggal 25 Juli 2016 sampai 29 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, penulis diberi kesempatan mengajar sebanyak 14 kali. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 2 Bantul ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keguruan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada beberapa hambatan yang penulis hadapi dalam pelaksanaan PPL ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktek, mengajar, lapangan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2017 08:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47765

Actions (login required)

View Item View Item