LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PUNDONG

Bagaskoro Restu Aji, Bagaskoro Restu Aji (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PUNDONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13520241080_Bagaskoro restu aji_PT Informatika.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan bobot 3 sks yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil program studi kependidikan dimana tujuan dari pelaksanaan PPL untuk persiapan menyiapkan pembelajaran mata pelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil pembelajaran, dan merefleksikan hasil pelaksanaan pembelajaran sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah. Kegitan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pundong yang beralamat di Dusun Menang, Srihardono, Pundong, Bantul dari tanggal 15 Juli hingga 14 September 2016. Tahapan-tahapan yang dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pertama adalah tahapan persiapan yang termasuk didalamnya observasi meliputi observasi sekolah, observasi kelas, dan penyusunan administrasi mengajar. Setelah melakukan observasi dan mengamati kondisi yang ada, tahapan kedua adalah pelaksanaan meliputi merencanakan dan melaksanakan beberapa program selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan RPP, persiapan dan pembuatan media, dan praktik mengajar, serta program tambahan dari sekolah yaitu IHT(In House Training) elearning bagi guru. Mahasiswa mendapat tugas mengajar mata pelajaran Sistem Operasi di kelas X TKJ A, dan X TKJ B, Basis Data di kelas XII TKJ A, mengajar team teaching mata pelajaran Basis Data kelas XII TKJ A. Selain itu mahasiswa mahasiswa PPL juga mendapatkan tugas tambahan yaitu pelatihan/ IHT elearning bagi guru menggunakan edmodo dan moodle dan pembuatan server lokal untuk kegiatan e-learning. Secara keseluruhan, kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun terdapat sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, tetapi hambatan tersebut dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak sekolah. Pelaksanaan PPL dengan alokasi waktu minimal 240 jam juga terpenuhi dengan kegiatan positif baik kegiatan mengajar ataupun kegiatan non mengajar. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam mengajar dan manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: basis data, e-learning, IHT,moodle, PPL, sistem operasi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2017 06:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47763

Actions (login required)

View Item View Item