Aji Dzularief, Aji Dzularief (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMK 1 PUNDONG Menang, Srihardono, Pundong, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13501241034_Aji Dzularief_PT Elektro.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan PPL ini bertujuan untuk persiapan menyiapkan pembelajaran mata pelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil pembelajaran, dan merefleksi hasil pelaksanaan pembelajaran.Kegitan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pundong yang beralamat di Dusun Menang, Srihardono, Pundong, Bantul berlangsung dari tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016 Tahapan-tahapan yang dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pertama adalah observasi meliputi observasi sekolah, observasi kelas, dan penyusunan administrasi mengajar. Tahapan kedua adalah pelaksanaan berupa mengajar terbimbing dengan mata pelajaran MPRT sesuai kesepakatan antara mahasiswa dengan guru pembimbing, kelas yang diampu ialah kelas XI TITL A dan XI TITL B Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan membuat administrasi pembelajaran mata pelajaran MPRT. Tahap ketiga adalah evaluasi, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepahaman siswa terkait materi yang diberikan selama kegiatan PPL. Keseluruhan kegiatan PPL dapat berjalan dengan baik, meskipun terdapat Tingkat keberhasilan proses belajar mengajar dapat diketahui salah satunya dari penilaian kinerja mahasiswa praktikan yang diikuti oleh 52 siswa, penilaian tersebut meliputi beberapa aspek yaitu: 1) Aspek kemampuan membuka pelajaran sebanyak 32% siswa menilai sangat baik, 63% menilai baik, dan 5% menilai kurang baik. 2) Aspek sikap dalam proses pembelajaran sebanyak 33% siswa menilai sangat baik, 59% menilai baik, 7% menilai kurang baik, dan 1% siswa menilai tidak baik. 3) Aspek penguasaan bahan ajar sebanyak 38% siswa menilai sangat baik, 55% menilai baik, dan 7% menilai kurang baik. 4) Aspek kegiatan belajar mengajar sebanyak 22% siswa menilai sangat baik, 70% menilai baik, 7% menilai kurang baik, dan 1% siswa menilai tidak baik. 5) Aspek kemampuan menggunakan media pembelajaran sebanyak 28% siswa menilai sangat baik, 61% menilai baik, 10% menilai kurang baik, dan 1% siswa menilai tidak baik. 6) Aspek evaluasi pembelajaran sebanyak 21% siswa menilai sangat baik, 68% menilai baik, dan 11% menilai kurang baik. 7) Aspek kemampuan menutup pembelajaran sebanyak 35% siswa menilai sangat baik, 59% menilai baik, 5% menilai kurang baik, dan 1% siswa menilai tidak baik. 8) Aspek tindak lanjut sebanyak 41% siswa menilai sangat baik, 45% menilai baik, 11% menilai kurang baik, dan 3% siswa menilai tidak baik. Dari keseluruhan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan secara umum berjalan dengan baik dan lancar, meskipun terdapat beberapa hambatan akan tetapi dengan bantuan guru pembimbing dan dosen pembimbing hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMKN N 1 Pundong, PPL, MPRT |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Mar 2017 02:51 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |