LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 1 PUNDONG

Yulsa Nashir Hardianto, Yulsa Nashir Hardianto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 1 PUNDONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13501241004_Yulsa Nashir H_ PT Elektro.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu bekal mahasiswa S1 Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta dalam menyiapkan diri menjadi tenaga pendidik profesional. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah sebagai sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah guna memenuhi peran sebagai anggota masyarakat.mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan dan pembangunan sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa dalam peningkatan kualitas sekolah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 1 Pundong yang berada di Menang, Srihardono, Pundong, Bantul, Yogyakarta mulai dari tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Dalam pelaksanaannya PPL dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap persiapan meliputi pembekalan PPL, Pengajaran Mikro, Observasi tahap selanjutnya yaitu Pelaksanaan PPL yaitu mahasiswa melakukan praktik mengajar secara langsung dengan arahan guru pembimbing. Pada tahap ini mendapat arahan dalam pembuatan perangkat pembelajaran seperti rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar, dan administrasi guru. Selain itu mahasiswa juga diajarkan mengenai membuka pelajaran, teknik penguasaan kelas, menutup pelajaran. Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pihak SMK N 1 Pundong, mahasiswa mendapat tugas mengajar mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali (MSP) untuk kelas XI TITL A dan XI TITL B. Untuk hal ini mahasiswa melaksanakan KBM dalam bentuk tatap muka di depan kelas Teori dan Praktik Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat memberikan pengalaman secara langsung bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia pendidikan. Harapan ke depan, semoga program PPL ini dapat terus berjalan dan dapat lebih ditingkatkan lagi kualitasnya terutama dalam hal pelaksanaannya dimana perlu adanya konsentrasi khusus terhadap kegiatan PPL dan tidak ada pembagian waktu dengan kegiatan lain sehingga mahasiswa dapat berkonsentrasi penuh dalam peningkatan kompetensi yang diharapkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK N 1 Pundong, Praktek Pengalaman Lapangan, MSP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2017 01:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47750

Actions (login required)

View Item View Item