LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN

ROBI NUZULUL HUDA, ROBI NUZULUL HUDA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAMP ke 1. VISI DAN MISI SMA N 1 SANDEN.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMP ke 2. MARS SMA N 1 SANDEN.docx

Download (13kB)
[img] Text
LAMP ke 3. STRUKTUR PERSONALIA PPL SMA N 1 SANDEN Th 2016.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMP ke 4. MATRIX MINGGUAN.doc

Download (154kB)
[img] Text
LAMP ke 5. RPP PEMINATAN 1.docx

Download (39kB)
[img] Text
LAMP ke 6. RPP PEMINATAN 2.docx

Download (40kB)
[img] Text
LAMP ke 7. PROSEM SANDEN.docx

Download (36kB)
[img] Text
LAMP ke 9. LAPORAN DANA PPL.doc

Download (72kB)
[img] Text
LAMP ke 10. PEMBUATAN CATATAN HARIAN PPL.docx

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
JUDUL, hal pengesahan, kata pengantar, daftar isi, abstrak .pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan ppl.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Adapun kelas yang harus diajar adalah kelas X. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan atau pengarahan serta bekal sehingga mahasiswa tidak kebingungan dalam melaksanakan program PPL. Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Tidak kemudian dapat langsung mengajar di kelas, mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun merupakan dokumen-dokumen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfir kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya juga bisa jadi berbeda. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih dari dua kelas. Sedangkan penulis sendiri mengampu dua kelas yang meliputi kelas X MIA 3, dan X MIA 4. Di kelas X MIA 3 mengajar hari Jumat dan di kelas X MIA 4 hari Jumat. Selain itu, mahasiswa juga menangani kegiatan-kegiatan di luar pebelajaran. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47730

Actions (login required)

View Item View Item