LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN

AHMAD NUR WISNU PRIYADI, AHMAD NUR WISNU PRIYADI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN_AHMAD NUR WISNU P.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ppl laporan fix.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan atau pengarahan serta bekal sehingga mahasiswa tidak kebingungan dalam melaksanakan program PPL. Selalin itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Mahasiswa tidak langsung dapat mengajar di kelas, tetapi harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun merupakan dokumen-dokumen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan keadaan lingkungan kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya juga bisa jadi berbeda. Pada pelaksanaan PPL ini, penulis mengampu kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, dan X MIA 4. Akan tetapi penulis tidak mempunyai jadwal yang tetap tiap minggunya atau dengan kata lain fleksibel dalam waktu mengajar di dalam kelasnya. Jadwal mata pelajaran Fisika di kelas X MIA 1 hari Jum’at, kelas X MIA 2 hari Senin, kelas X MIA 3 hari Kamis, dan di kelas X MIA 4 hari Selasa. Selain itu, mahasiswa juga menjalankan kegiatan-kegiatan di luar pebelajaran didalam kelas, seperti menjadi guru piket, piket perpustakaan, AMT (Achivement Motivation Training), dan pendampingan MPLS. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih meningkatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 07 Mar 2017 00:37
Last Modified: 07 Mar 2017 00:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47712

Actions (login required)

View Item View Item