LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KASIHAN ( SMKI YOGYAKARTA )

Yuliyanto, Yuliyanto (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KASIHAN ( SMKI YOGYAKARTA ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YULIYANTO NIM 13209241043 PENDIDIKAN SENI TARI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNY.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL, mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar secara operasional sekolah, sehingga mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis saja. Kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMK Negeri 1 Kasihan ( SMKI YOGYAKARTA ) dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik sekolah, perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain: melaksanakan pembelajaran langsung di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, serta pemberian tugas kepada peserta didik. Dalam keghiatan PPL di SMK Negeri 1 Kasihan ( SMKI Yogyakarta ), penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Tari Yogyakarta Alus di kelas XI Tari 1, XI Tari 2, XI Tari 3, XI Tari 4. Dan mata Pelajaran Rias Busana di kelas X Tari 4 dan X Tari 2. Penyusun melaksanakan praktik mengajar Tari Yogyakarta Alus pada hari Senin jam 5-6 untuk kelas XI Tari 1; hari Selasa jam 1-2 untuk kelas XI Tari 1, 3-4 kelas XI Tari 2; 5-6 kelas XI Tari 3; hari Rabu, jam 1-2 untuk XI tari 4; hari Kamis jam 5-6 untuk kelas XI Tari 3; Jumat jam 3-4 untuk kelas XI tari 4;hari Sabtu jam 5-6 untuk kelas XI tari 3 sedangkan untuk mata pelajaran Rias Busana adalah hari Selasa, jam 7-8 untuk kelas X Tari 4 dan jam 9-10 untuk kelas X Tari 2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu penyusun mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, pengolahan kelas, cara mengevaluasi hasil belajar, dan pengelolaan hasil belajar. Penyusun telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL ,SMK Negeri 1 Kasihan, Pembelajaran, Peserta Didik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2017 00:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47710

Actions (login required)

View Item View Item