PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA TUNALARAS KELAS V DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Lisa Dyah, Ajeng Puspitarini (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA TUNALARAS KELAS V DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lisa Dyah Ajeng Puspitarini_12103244031.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menyimak cerita melalui media film animasi pada siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas karena peneliti bermaksud untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak tunalaras kelas V di SLB E Prayuwana Yogyakarta melalui media film animasi. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas V berjumlah 1 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diambil simpulan sebagai berikut: Kemampuan menyimak cerita anak pada siswa kelas V SLB-E Prayuwana Yogyakarta setelah diadakan penelitian dengan menggunakan media film animasi mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa sudah mampu menyebutkan nama-nama tokoh dan watak serta menentukan latar cerita. Pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan yaitu memotivasi siswa, mencatat hal-hal penting dalam dan mengulang sedikit cerita yang di putar, sehingga pada siklus II keterampilan siswa meningkat dari siklus I yaitu siswa sudah mampu menentukan tema atau pesan yang terkandung dalam cerita. Keterampilan menyimak cerita pada siklus I mencapai 70 termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II nilai yang dicapai adalah 100 pada kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan keterampilan menyimak sebesar 30 poin atau 30%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Mar 2017 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 13:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47661

Actions (login required)

View Item View Item