PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN HURUF BRAILLE MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA TUNANETRA KELAS I DI SLB A YPTN MATARAM

Gigih, Adhitya (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN HURUF BRAILLE MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA TUNANETRA KELAS I DI SLB A YPTN MATARAM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gigih Adhitya_12103241057.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan huruf Braille dengan metode scramble pada siswa tunanetra kelas I di SLB A YPTN Mataram. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dan berkolaborasi dengan guru kelas. Siklus 1 dan siklus II dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa tunanetra kelas I berjumlah 3 orang. Pengumpulan data evaluasi tindakan menggunakan tes hasil belajar dan data observasi siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pasca tindakan siklus 1 menunjukan nilai rerata kelas sebesar 71,11, hal ini menunjukan perolehan nilai rerata mengalami peningkatan dibandingkan nilai rerata tes pra-tindakan sebesar 65,92, terjadi peningkatan sebesar 5,19 poin atau 7,87%. Hasil akhir penelitian ini di siklus II menunjukkan nilai rerata kelas sebesar 81,48 dengan peningkatan sebesar sebesar 10,37 poin atau 14,58% dari siklus sebelumnya yaitu 71,11. Nilai yang diperoleh siswa NS sebesar 88,88 meningkat 8,88 poin dari siklus sebelumnya yaitu 80. Nilai yang diperoleh siswa AA sebesar 80 meningkat 8,89 poin dari siklus sebelumnya yaitu 71,11, dan nilai yang diperoleh siswa MA sebesar 75,55 meningkat sebesar 13,33 poin dari siklus sebelumnya yaitu 62,22. Hal tersebut menunjukan bahwa nilai membaca permulaan huruf Braille siswa kelas I SLB A YPTN Mataram sudah memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 70.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Mar 2017 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 13:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47656

Actions (login required)

View Item View Item