Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintific di SMA di DIY

Djukri, - and Paidi, Dr., M.Si. (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintific di SMA di DIY. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PASCA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Pemerintah melalui Kurikulum 2013 mengamanatkan pembelajaran Biologi di SMA untuk diajarkan dengan pendekatan saintifik. Menurut pengawas Dinas Pendidikan dalam Laporan Pendampingan Pelaksanaan Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Sleman, diketahui bahwa sebagian besar guru belum memahami pendekatan saintifik seutuhnya. Data ini juga didukung oleh hasil observasi dari beberapa SMA di DIY yang menunjukkan sebagian guru merasa kesulitan dalam merancang kegiatan berbasis pendekatan saintifik. Salah satu indikatornya adalah perangkat pembelajaran Biologi yang disusun guru masih belum sesuai dengan konsep saintifik itu sendiri. Adanya hal ini mendorong untuk dilakukannya suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis pendekatan saintifik di SMA di DIY. Penelitian yang diusulkan ini termasuk jenis penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang akan dilakukan selama tiga (3) tahun. Tahun pertama, dikembangkan draft perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik berdasarkan studi pendahuluan yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya. Hasil dari penelitian tahun pertama menggambarkan bahwa dari enam sekolah di empat kabupaten satu kota Yogyakarta yang dijadikan sampel, secara umum telah sampai pada tahap uji coba lebih luas (main field test). Penelitian di SMAN 1 Sentolo kabupaten Kulonprogo, SMAN 1 Godean, SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, SMAN 8 Yogyakarta tesis, dan SMAN 1 Wonosari telah diselesaikan semuanya dengan mengasilkan tesis untuk masing-masing peneliti dan perangkat pembelajaran, sesuai tujuan penelitian tahun pertama. Selain menghasilkan tesis dan perangkat pembelajaran juga dihasilkan buku yang diharapkan dapat membantu guru dalam melaksanakan kurikulum 2013. Pada tahun kedua yang saat ini sedang berjalan, penelitian lebih terfokus pada revisi instrumen dan uji coba lebih luas yang dilakukan di kabupaten Kulonprogo, meliputi SMA Negeri 1 Sentolo dan SMA Negeri 1 Pengasih. Selain itu, penelitian juga dilakukan di kabupaten Gunung Kidul meliputi SMA Negeri 2 Wonosari dan MAN 1 Wonosari serta di kabupaten Bantul, meliputi SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 2 Bantul. Melalui penelitian ini diharapkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis pendekatan saintifik yang dihasilkan dapat digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Selain itu, perangkat tersebut diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru Biologi dalam penyusunan perangkat pembelajaran seperti yang diamanatkan dalam kurikulum 2013.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2016
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:51
Last Modified: 02 Mar 2017 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47624

Actions (login required)

View Item View Item