PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS K-13 BERORIENTASI PADA HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN PENEKANAN PADA LOCAL WISDOM

Agus, Widyantoro and Pangesti Wiedarti, M. Appl. Ling., Ph. D. (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS K-13 BERORIENTASI PADA HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN PENEKANAN PADA LOCAL WISDOM. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Pasca.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis K-13 dengan berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan kearifan lokal (local wisdom) bagi peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pada tahun pertama penelitian ini menekankan analisis kebutuhan terkait dengan learning needs dan target needs yang digunakan sebagai dasar pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis K-13 dengan berorientasi pada HOTS dan local wisdom bagi peserta didik SMA di DIY. Hasil analisis kebutuhan digunakan untuk mengembangkan draf bahan ajar termaksud. Dalam melaksanakan analisis kebutuhan, penelitian ini melibatkan 8 guru bahasa Inggris dan 395 peserta didik jurusan IPA dan IPS dari 8 SMA yang berbasis budaya di Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, dan Kotamadya Yogyakarta DIY. Untuk pengumpulan data tersebut digunakan instrumen berbentuk lembar angket dan panduan wawancara. Data berbentuk kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif Produk yang dihasilkan pada tahun pertama ini berupa draf bahan ajar bahasa Inggris berbasis K-13 dengan berorientasi pada HOTS dan local wisdom dengan berdasarkan pada hasil analisis kebutuhan yang sudah dilakukan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2016
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:42
Last Modified: 02 Mar 2017 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47622

Actions (login required)

View Item View Item