MODEL ASESMEN KONFIRMATORI BERBASIS LEARNING CONTINUUM TERHADAP PENGUASAAN ASPEK METODE ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Bambang, Subali (2016) MODEL ASESMEN KONFIRMATORI BERBASIS LEARNING CONTINUUM TERHADAP PENGUASAAN ASPEK METODE ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Artikel Hibah Kompetensi.

[img]
Preview
Text
HK.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat guru, kepsek, dan pengawas tentang pembelajaran dan penilaian aspek metode ilmiah yang harus diajarkan pada mata pelajaran IPA di SD guna mengembangkan learning contiuum tentang metode ilmiah untuk IPA SD. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei, dilakukan di DIY tahun 2016. Sampel terdiri dari guru SD kelas 1 sampai kelas 6, kepala sekolah, dan pengawas dan diambil secara purposif. Ada sebanyak 23 guru kelas 1, 20 guru kelas 2, 23 guru kelas 3, 24 guru kelas 4, 24 guru kelas 5, 21 guru kelas 6 , 119 kepala SD, serta 116 pengawas yang dihimpun dari 5 Kab/Kota di Prov DIY dan 7 Kabupaten di Prov Jateng yang berada di sekitar Prov DIY. Hasilnya menunjukkan untuk sub-sub-aspek keterampilan mengamati sebagai salah satu dari 7 sub-sub-aspek dari sub-aspek keterampilan dasar sepakat diajarkan dan dinilai di kelas 1, sementara sub-subaspek dari subaspek keterampilan dasar yang lain sebagian besar diharapkan diajarkan dan dinilai di kelas 3, 4, dan 5. Hampir semua sub-sub-aspek dari subaspek keterampilan meroses diharapkan juga diajarkan dan dinilai di kelas 3, 4, dan 5.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Kompetensi 2016
Uncontrolled Keywords: metode ilmiah, keterampilan dasar, keterampilan memroses, IPA SD
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:31
Last Modified: 02 Mar 2017 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47619

Actions (login required)

View Item View Item