MODEL BIMBINGAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PRIBADI SOSIAL BAGI SISWA SMA YANG MENGALAMI KEJENUHAN BELAJAR (BURNOUT)

Suwarjo , Dr., M.Si, . and Diana Septi Purnama, M.Pd. (2016) MODEL BIMBINGAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PRIBADI SOSIAL BAGI SISWA SMA YANG MENGALAMI KEJENUHAN BELAJAR (BURNOUT). Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beranjak dari hasil penelitian tahun pertama yaitu 1) sebagian besar siswa SMA Kota Yogyakarta (52%) mengalami kejenuhan belajar (burnout) dengan tingkat yang bervariasi; 2) penyebab timbulnya burnout antara lain adalah cara mengajar guru, kesulitan membagi waktu belajar dengan kesibukan di luar belajar, kesulitan menggunakan referensi, kebiasaan menunda penyelesaian tugas, kesulitan menerjemahkan literatur, kecewa nilai yang tidak sesuai harapan; 3) strategi pengatasan masalah yang paling banyak dilakukan siswa dalam mengatasi burnout adalah mengobrol dan berkumpul dengan teman, bermain game, dan mendengarkan musik. Berdasarkan temuan tersebut, penting dikembangkan model pencegahan dan pengatasan kejenuhan belajar (burnout) pada siswa dengan mengembangkan model bimbingan kompetensi pribadi sosial yang berbasis konseling sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model bimbingan konseling kompetensi pribadi sosial berbasis konseling sebaya yang efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar (burnout) siswa. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development), yang dilakukan melalui perencanaan dan pengembangan model, dan melakukan validasi ahli dan pengguna. Subyek penelitian adalah siswa Mualimat sejumlah 40 orang untuk uji coba model. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk uji coba model, uji validasi model dan uji validasi media, serta observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melalui berbagai masukan dan revisi, model dalam bentuk buku panduan konseling sebaya untuk mengatasi kejenuhan belajar (burnout) dipandang layak digunakan. Luaran penelitian ini adalah makalah seminar nasional tentang burnout belajar.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Mar 2017 01:21
Last Modified: 02 Mar 2017 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47613

Actions (login required)

View Item View Item