PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCE BASED TRANING (CBT) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Sunarso, - and Paryanto, Paryanto (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCE BASED TRANING (CBT) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjabarkan prosedur pelaksanaan diseminasi, dalam rangka proses sosialisasi model pembelajaran CBT berbasis karakter yang telah dihasilkan dalam penelitian tahun sebelumnya; (2)mensosialisasikan model pembelajaran CBT berbasis karakter untuk pembelajaran praktik, yang terbukti secara empiris agar dapat diterapkan dalam lingkup yang lebih luas, sekaligus mengetahui tanggapan dari peserta diseminasi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall, dimana pada tahun ketiga ini dilaksanakan proses diseminasi. Lokasi diseminasi di 4 tempat yaitu di jurusan PT Mesin FT UNY, SMK Piri 1 Yogyakarta, SMK Muh 3 Yogyakarta dan SMK N 2 Wonosari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil akhir yang didapatkan adalah: (1) prosedur pelaksanaan proses diseminasi terdiri dari tahapan persiapan, proses diseminasi yang diawali dengan pemaparan dari tim peneliti, penjelasan pendukung dari nara sumber, diskusi dan tanggapan dari peserta, pengisian angket yang telah disiapkan, dan penutup; (2)berdasarkan kegiatan diseminasi yang telah dilaksanakan, mendapatkan tanggapan yang positif dari perserta yaitu model ini menjadi salah satu alternatif dalam usaha mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran praktik di SMK, dengan rincian rerata tanggapan peserta diseminasi untuk pernyataan positif sebesar 91,11%; dan tanggapan peserta diseminasi untuk pernyataan negatif sebesar 15%.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: CBT berbasis karakter, Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Mar 2017 01:16
Last Modified: 02 Mar 2017 01:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47610

Actions (login required)

View Item View Item