Reni Nur Khoiriyyah, Reni Nur Khoiriyyah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI 1 SEDAYU (SUNDI LOR, ARGOREJO, SEDAYU, BANTUL) 15 JULI 2016 SAMPAI DENGAN 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
RENI NUR KHOIRIYYAH 13108241054.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
SD Negeri 1 Sedayu terletak di Sundi Lor, Argorejo, Sedayu, Bantul, mempunyai 6 kelas dan siswa serta 18 orang guru dan karyawan. Program Praktik Pengalaman Lapangan/ Magang III yang dilaksanakan di sekolah dasar tersebut merupakan wahana atau sarana yang bermanfaat bagi mahasiswa PPL untuk mendapatkan pengalaman dalam proses pendidikan di sekolah beserta permasalahan-permasalahan yang ada di dalamnya. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Mahasiswa peserta PPL di SD Negeri 1 Sedayu berjumlah 7 mahasiswa yang terdiri dari 7 mahasiswa S1 PGSD Guru kelas. Program yang dilaksanakan berupa program mengajar terbimbing, mandiri dan program non mengajar. Program mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak 4 kali, 2 kali praktik mengajar di kelas rendah dan 2 kali mengajar di kelas tinggi. Program mengajar mandiri dilaksanakan sebanyak 4 kali, 2 kali praktik mengajar di kelas rendah dan 2 kali mengajar di kelas tinggi. Masing-masing 1 kali ujian praktik mengajar terbimbing di kelas rendah dan kelas tinggi. Program non mengajar yang dilaksanakan seperti pendampingan MOS, pengelolaan kantin sekolah, pengelolaan perpustakaan, pengelolaan UKS, program baca buku, pembuatan papan bimbingan dan pendampingan ekstrakurikuler. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL/ Magang III ini adalah kegiatan mengajar dan non mengajar. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, serta kelengkapan pembelajaran lainnya. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Dari pelaksanaan kegiatan PPL/ Magang III, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL/Magang III dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru kelas, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL/Magang III, SD Negeri 1 Sedayu, UNY |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 04:12 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |