Esti Rahmawati, Esti Rahmawati (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI 1 SEDAYU (SUNDI LOR, ARGOREJO, SEDAYU, BANTUL) 15 JULI 2016 SAMPAI DENGAN 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ESTI RAHMAWATI (13108241134).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Program Praktik Pengalaman Lapangan / Magang III merupakan sebuah program yang telah disusun dan diagendakan oleh universitas untuk para mahasiswa sebagai sarana memperdalam studi keilmuan yang sedang ditempuh. Program Praktik Pengalaman Lapangan atau sering disingkat PPL memberi kesempatan mahasiswa untuk belajar secara langsung tentang dunia kerja yang akan dihadapi setelah lulus dari pendidikan. PPL atau Magang III ini dilaksanakan di sekolah dan diperuntukkan bagi mahasiswa kependidikan. Tujuan dari PPL adalah untuk memberi wawasan dan pengalaman mengajar bagi mahasiswa, pelatihan dan pengembangan kompetensi keguruan, serta peningkatan keterampilan, kemandirian dan tanggung jawab. Kegiatan PPL atau Magang III dilaksanakan pada semester khusus tahun akademik 2016/2017. PPL dilaksanakan selama 2 terhitung sejak tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016, yang mana PPL dilaksanakan selama lima hari dalam seminggu, yakni pada Hari Senin sampai dengan Hari Jumat. Rangkaian kegiatan PPL dapat dibagi menjadi 2, yaitu kegiatan mengajar dan non mengajar. Saat kegiatan mengajar, praktikan melakukan persiapan, diantaranya pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, serta kelengkapan lain. Kemudian pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi dan tindak lanjut dari pembelajaran dan proses pengajarannya. Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggaran PPL adalah SD Negeri 1 Sedayu. Praktikan dan anggota kelompok melakukan kegiatan PPL di SD Negeri 1 Sedayu selama 2 bulan dan dengan kegiatan mengajar serta non mengajar. Dari pelaksanaan PPL atau Magang III, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman secara langsung bagaimana bekeja di lingkup sekolah. Dalam kegiatan mengajar, mahasiswa belajar dan mengalami langsung bagaimana harus mengkondisikan kelas, memilih materi, menggunakan metode dan media yang sekiranya mampu untuk mempermudah siswa dalam memperdalam materi yang diajarkan. Terkiat dengan kegiatan nonemngajar, mahasiswa belajar langsung dan mendapatkan pengalaman dalam pengelolaan administrasi sekolah, pengelolaan perpustakaan, serta kedsiplinan dalam bekerja. Hal tersebut merupakan pengalaman berharga bagi mahasiswa karena dapat digunakan sebagai bekal ketika sudah memasuki dunia kerja kelak.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL/ Magang III, SD N 1 Sedayu, UNY |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 03:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |