LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul 55753, (0274) 798084, Fax :(0274) 798084 Semester Khusus Tahun Akademik 2016/2017 15 Juli 2016 – 15 September 2016

Denia Sulistyaningrum, Denia Sulistyaningrum (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul 55753, (0274) 798084, Fax :(0274) 798084 Semester Khusus Tahun Akademik 2016/2017 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Denia Sulistyaningrum_PTSP_13505241029.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan program kegiatan terpadu dengan pelaksanaan KKN. Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan program tersebut yaitu untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik atau tenaga kependidikan. Melalui kegiatan ini keempat kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian dapat semakin ditingkatkan. Praktek Pengalaman Lapangan dapat dijadikan sarana bagi mahasiswa mendapatkan pengetahuan bagaimana situasi dan kondisi di lapangan yang sebenarnya sehingga dapat menambah wawasan mahasiswa tentang dunia pendidikan. Lokasi pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini yaitu di SMK Negeri 1 Sedayu yang berlokasi di Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul. Program keahlian yang berkesinambungan dengan jurusan teknik sipil di SMK Negeri 1 Sedayu yaitu program Teknik Gambar Bangunan (TGB). Kelas yang diampu pada jurusan ini yaitu kelas XII TGB. Mata Pelajaran yang diampu oleh mahasiswa PPL yaitu mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak atau yang biasa disebut dengan MDPL. Dalam mengerjakan tugas besar ini, siswa dibebaskan menggunakan macam-macam software yang ada. Secara umum, di lab komputer jurusan TGB ini memiliki software AutoCAD, Sketch Up, dan Archicad. Tidak semua siswa mampu menguasai program komputer ini dan cenderung masih belajar, walaupun sudah ada satu dua siswa yang ahli menggunakan salah satu program komputer. Oleh sebab itu, mahasiswa PPL mata pelajaran MDPL berkoordinasi dengan guru pembimbing dan sepakat untuk mengajarkan sebuah software unggulan yang digadang-gadang akan digunakan di bidang arsitektural-struktural di masa mendatang, yaitu REVIT. Hasil dari Praktik Pengalaman Lapangan ini bagi praktikan adalah dapat menerapkan ilmu yang dipelajari di jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan yaitu software 3D modeling Revit kepada guru dan siswa jurusan TGB di SMK N 1 Sedayu. Mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman langsung menjadi seorang pendidik dengan persiapan, pelaksanaan praktik mengajar, sampai pada evaluasi hasil pembelajaran, serta membuat administrasi guru. Mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman menghadapi siswa-siswa dengan berbagai karakter di dalam suatu kelas, dan mendapatkan ilmu bagaimana cara mengelola kelas. Setelah melakukan Praktik Pengalaman Lapangan penyusun mendapatkan pengalaman secara langsung menjadi calon tenaga pendidik, sehingga dapat mengetahui persiapan-persiapan yang perlu dilakukan oleh seorang tenaga pendidik sebelum mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Menggambar Dengan Perangkat Lunak, Revit, PPL, SMK N 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47528

Actions (login required)

View Item View Item