PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE MULTISENSORI PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II SEKOLAH DASAR LUAR BIASA TUNAS BHAKTI PLERET BANTUL

Fandian, Zona Rukmana (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE MULTISENSORI PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II SEKOLAH DASAR LUAR BIASA TUNAS BHAKTI PLERET BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fandian Zona Rukmana_10103244016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata melalui metode multisensori pada anak tunarungu kelas II Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu tiga anak tunarungu kelas II Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan penguasaan kosakata, observasi terhadap partisipasi siswa, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan antara skor tes pra tindakan dan skor tes pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata pada anak tunarungu kelas II Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Peningkatan kemampuan penguasaan kosakata pada ketiga subjek adalah Ed mengalami peningkatan 31% dengan kategori baik, Fm mengalami peningkatan 38% dengan kategori baik dan Vn mengalami peningkatan 35% dengan kategori baik, serta semua subjek sudah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 70. Proses peningkatan penguasaan kosakata tersebut dimulai dari kosakata benda tentang diri sendiri menyangkut anggota tubuh, benda sekitar menyangkut peralatan rumah tangga dan alat transportasi dan kosakata kerja tentang aktifitas sehari-hari menyangkut aktifitas yang dilakukan anak. Metode multisensori ini dilakukan secara berulang dan pada setiap tahapan pembelajaran guru memberikan penguatan secara verbal dan non verbal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:58
Last Modified: 30 Jan 2019 13:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47511

Actions (login required)

View Item View Item