PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UANG PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBELANJA DI KANTIN PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH LUAR BIASA TUNAS BHAKTI PLERET BANTUL

Faisya, Ayu Kusumadewi (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UANG PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBELANJA DI KANTIN PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH LUAR BIASA TUNAS BHAKTI PLERET BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Faisya Ayu Kusumadewi _11103241011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan uang peserta didik tunagrahita katagori ringan melalui pembelajaran berbelanja di kantin pada kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu tiga anak tunagrahita kategori ringan kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan penggunaan uang, observasi terhadap partisipasi siswa, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan antara skor tes pra tindakan dan skor tes pasca tindakan. Hasil penelitian bahwa pembelajaran berbelanja di kantin dalam meningkatkan penggunaan uang peserta didik tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB Tunas Bhakti Pleret Bantul dimulai dari siswa mengenal konsep nominal uang logam dan kertas, mempraktekan proses simulasi jual beli dan mempraktekan belanja di kantin. Peningkatan pada ketiga subjek adalah; Ds pra siklus mendapatkan skor 45 dengan katagori cukup, meningkat menjadi 68 dengan katagori baik pada siklus I, meningkat menjadi 78 dengan katagori baik pada siklus II. Fs pra siklus mendapatkan skor 35 dengan katagori cukup, meningkat menjadi 65 dengan katagori baik pada siklus I, meningkat menjadi 75 dengan katagori baik pada siklus II. Dn pra siklus mendapatkan skor 50 dengan katagori cukup, meningkat menjadi 73 dengan katagori baik pada siklus I, meningkat menjadi 85 dengan katagori sangat baik pada siklus II. Proses peningkatan penggunaan uang tersebut dimulai dari siswa menunjukkan mata uang logam, siswa menunjukkan mata uang kertas, siswa mengidentifikasikan mata uang ke dalam kotak sesuai dengan nominalnya, siswa membedakan antara uang logam dan kertas, pembelajaran dilanjutkan dengan mensimulasikan kegiatan jual beli di kelas, dan terakhir mempraktekkan kegiatan berbelanja di kantin. Proses berbelanja di kantin ini dilakukan secara berulang dan pada setiap tahapan pembelajaran guru memberikan penguatan secara verbal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:48
Last Modified: 30 Jan 2019 13:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47510

Actions (login required)

View Item View Item