PENGGUNAAN MEDIA POP-UP UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS P1 DI SLB DENA UPAKARA WONOSOBO

Faisal Huda, Aman Tantra (2016) PENGGUNAAN MEDIA POP-UP UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS P1 DI SLB DENA UPAKARA WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Faisal Huda Aman Tantra_12103241055.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata benda anak tunarungu menggunakan media Pop-up di kelas P1 SLB Dena Upakara wonosobo. Peningkatan dari penggunaan media Pop-up dapat dilihat dari perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang didalamnya memiliki empat tahap dalam setiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian merupakan anak tunarungu kelas P1. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi dan instrumen tes kemampuan penguasaan kosakata benda. Hasil penelitian menunjukan bahwa media Pop-up dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata benda pada anak tunarungu yang ditunjukan dengan perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan pembelajaran dan perbaikan. Anak menjadi lebih mudah memahami dan mengerjakan intruksi guru dengan baik setelah perbaikan yang dilakukan pada segi media maupun anak sehingga kemampuan penguasaan kosakata benda anak meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil tes kemampuan penguasaan kosakata benda yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70%. Subjek DA pada kemampuan pra-tindakan (pre-test) presentase pencapaian 25%, meningkat menjadi 70% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 85% pada post-test siklus II dalam kategori baik. Subjek AML pada kemampuan pra-tindakan (pre-test) presentase pencapaian 30%, meningkat menjadi 70% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 80% pada post-test siklus II dalam kategori baik. Subjek MDN pada kemampuan pratindakan (pre-test) presentase pencapaian 45%, meningkat menjadi 50% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 75% pada post-test siklus II dalam kategori cukup. Subjek FLS pada kemampuan pra-tindakan (pre-test) presentase pencapaian 30%, meningkat menjadi 55% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 75% pada post-test siklus II dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47508

Actions (login required)

View Item View Item