KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS III DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Resti, Lovita (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS III DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Resti Lovita_11103241018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan penggunaan media benda konkret terhadap kemampuan mengenal huruf siswa cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Single Subjek Research (SSR) atau penelitian subjek tunggal. Desain yang digunakan adalah pengulangan reversal yaitu A-B-A’. Subjek penelitian adalah anak cerebral palsy kelas III SLB yang mengalami permasalahan pada kemampuan mengenal huruf abjad. Penelitian ini mengamati satu subjek dan melihat dampak secara intensif dalam penggunaan media benda konkret untuk mengenalkan huruf a-j. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes dan pedoman observasi untuk fase baseline-I, intervensi, dan baseline-II. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret efektif terhadap kemampuan mengenal huruf a-j pada siswa cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Bantul. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya frekuensi dan persentase keberhasilan antara baseline-I dengan baseline-II. Kecenderungan arah pada baseline-I yaitu stabil, intervensi levelnya meningkat, dan baseline-II hasilnya meningkat. Persentase overlap antar kondisi fase baseline-I dan fase intervensi 0%, fase intervensi dengan baseline-II yaitu 66,67%, sedangkan fase baseline-I dengan fase baseline-II 0%, artinya semakin sedikit data yang tumpang tindih maka intervensi semakin efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:36
Last Modified: 30 Jan 2019 13:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47505

Actions (login required)

View Item View Item