LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Lokasi: SMK N 1 SEDAYU Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Muhammad Yusuf Bahtiyar, Muhammad Yusuf Bahtiyar (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Lokasi: SMK N 1 SEDAYU Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_PTI_13520241070_M Yusuf B.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wadah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk menyempurnakan pengetahuan teori yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan, sehingga target kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melatih dan meningkatkan kualitas diri mahasiswa dalam hal pembelajaran di sekolah yang tujuannya adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata berkenaan dengan proses belajar mengajar. Dengan adanya kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki bekal untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran sebagai tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Negeri 1 Sedayu khususnya seluruh peserta didik SMK Negeri 1 Sedayu. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar, di mana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Administrasi Server kelas XI TKJ A dan XI TKJ B. Pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran discovery learning, serta metode yang digunakan adalah diskusi kelompok, tanya jawab, ceramah dan presentasi. Media yang digunakan berupa slide prensetasi, serta alat yang digunakan adalah laptop, LCD proyektor dan papan tulis. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya beberapa hambatan dapat dipastikan selalu timbul. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Lapangan (PPL), SMK N 1 Sedayu, Administrasi Server
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47504

Actions (login required)

View Item View Item