PENERIMAAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER DI KELAS III SEKOLAH INKLUSIF GREEN SCHOOL YOGYAKARTA

Dewi, Puspita Sari (2016) PENERIMAAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER DI KELAS III SEKOLAH INKLUSIF GREEN SCHOOL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi Puspita Sari_12103244049.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerimaan sosial teman sebaya terhadap anak sindrom asperger di kelas III sekolah Green School Yogyakarta. Penerimaan sosial teman sebaya dilihat dari ekspresi dan kesediaan orang lain untuk melakukan sesuatu dan perilaku yang diterima anak dari orang lain. Selain itu juga dorongan guru kelas dalam membantu penerimaan sosial teman sebaya terhadap anak sindrom asperger. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah lima (5) teman sebaya di kelas 3 dan guru kelas sebagai informan tambahan. Pengumpulan data menggunakan observasidan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan penerimaan sosial teman sebaya terhadap anak sindrom asperger di kelas 3 berbeda-beda. Perbedaan ditunjukkan dengan perhatian dan kepedulian yang diberikan oleh salah satu temannya dengan berinisiatif mengajak bermain dan bisa menjadi penengah saat temannya bertengkar. Namun, teman-temannya akan membantu saat anak sindrom asperger membutuhkan bantuan dan tidak menganggapnya berbeda dengan teman yang lainnya. Pengertian dan dorongan yang diberikan guru membantu teman-temannya lebih mengerti keadaan anak sindrom asperger yang masih membutuhkan bantuan dan mengerti keadaan anak sindrom asperger yang terkadang tantrum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Feb 2017 07:31
Last Modified: 30 Jan 2019 13:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47501

Actions (login required)

View Item View Item