LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 15 JULI 2016-15 SEPTEMBER 2016 DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA Alamat: Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta 55753

Firman Nur Hidayat, Firman Nur Hidayat (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 15 JULI 2016-15 SEPTEMBER 2016 DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA Alamat: Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta 55753. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_Firman Nur Hidayat_Pend Tek Elektro.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa S1 UNY. Kegiatan yang termasuk lingkup PPL diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. Adapun tujuan dari progam PPL ini yakni sebagai program pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun langsung dikelas menjadi seorang pendidik serta memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka pengembangan kompetensi calon pendidik. Melalui kegiatan ini keempat kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian dapat semakin ditingkatkan. Praktek Pengalaman Lapangan dapat dijadikan sarana bagi mahasiswa untuk mencurahkan dan mempraktekan teori, pemikiran, dan pengalaman yang selama ini mahasiswa dapatkan dari perkuliahan. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan bagaimana situasi dan kondisi di lapangan yang sebenarnya sehingga dapat menambah wawasan mahasiswa tentang dunia pendidikan. Kegiatan PPL ini melaksanakan program kegiatan dengan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016 bertempat di SMK N 1 Sedayu yang beralamat di Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, DIY. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya yaitu pembuatan administrasi guru yang meliputi: RPP, program tahunan, program semester, dll. Mata pelajaran yang diampu adalah Gambar Teknik di kelas X dan kelas XI. Alokasi waktu tatap muka 2 jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran. KBM berjalan dengan lancar, walaupun sesekali terdapat kendala dalam mengatasi siswa yang cenderung ramai sendiri dikelas. Hasil Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah pengalaman bagi praktikan untuk mengajar, yakni berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Teknik Elektro yang diperoleh di perkuliahan. Kegiatan ini juga memberikan bekal kepada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang berdedikasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK NEGERI 1 SEDAYU, Gambar Teknik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 04:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47486

Actions (login required)

View Item View Item