LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Lokasi: SMA NEGERI 1 SEWON Jalan Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55187

FAIZAL RISYAF, FAIZAL RISYAF (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Lokasi: SMA NEGERI 1 SEWON Jalan Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55187. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13413241070_FAIZAL RISYAF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) semester khusus tahun 2016 telah dilaksanakan di SMA Negeri I Sewon, Jl. Parangtritis km 5 Bangungharjo, Sewon, Bantul, D.I.Yogyakarta 55187 selama 2 bulan sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. PPL sebagai usaha untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Praktikan mengajar Sosiologi semester gasal di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4 dan XI MIA 4. Materi Sosiologi yang disampaikan adalah Kelompok sosial dalam Masyarakat dan Masalah Sosial dalam Masyarakat. Persiapan mengajara yang diperlukan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi bahan ajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Secara umum, pelaksanaan PPL dapat berjalan dengan baik. adapun hambatan yang muncul dapat diminimalisir dengan konsultasi kepada guru pembimbing lapangan, sehingga pelaksanaan PPL dapat terlaksana dengan baik. Selain hambatan yang ada di kelas, hambatan di luar kelas juga menjadi faktor dalam pelaksanaan PPL. Hambatan dari luar tersebut berupa kegiatan KKN yang menyita cukup banyak waktu dan tenaga mahasiswa, tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan membagi waktu lantaran kegiatan KKN yang menyita banyak waktu tersebut. Bahkan ada juga mahasiswa yang kurang sehat lantaran kegiatan KKN dan PPL yang menguras banyak tenaga mahasiswa. Mungkin kegiatan KKN diluar pembahasan kegiatan PPL, tetapi pada kenyataan dilapangan kedua hal tersebut saling mempengaruhi satu sama lain dan menimbulkan akibat tertentu. Dengan adanya kegiatan PPL diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkat kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Sewon, Program PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 02:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47470

Actions (login required)

View Item View Item