LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Lokasi: SMA NEGERI 1 SEWON Jalan Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55187

Dandi, Setiawarman (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Lokasi: SMA NEGERI 1 SEWON Jalan Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55187. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13413241052_DANDI SETIAWARMAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan atau PPL semester khusus tahun 2016 telah di laksanakan di SMA Negeri 1 Sewon, Jln. Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55187 selama 2 bulan lamanya sejak 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. PPL ini menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dan tenaga kependidikan yang profesional. PPL ini diharapkan akan memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa, terutama pengalaman dalam hal mengajar, memeperluas wawasan, meningkatkan keterampilan, tanggung jawab, kemandirian, kemampuan memecahkan masalah serta melatih dan mengembangkan kompetensi yang di perlukan dalam bidangnya. Kegiatan praktek mengajar di kelas telah di laksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Dari kegiatan praktek mengajar dan praktek persekolahan yang telah di laksanakan, maka dapat di hasilkan hasil bahwa siswa SMA Negeri 1 Sewon rata-rata memiliki kesungguhan belajar yang cukup tinggi. Hal tersebut juga di dukung dari pihak sekolah dengan menjalalankan lembaganya secara profesional sehingga dapat mewujudkan output yang baik. Meskipun masih ada beberapa kekurangan yang sedikit banyak menghambat berjalannya proses belajar mengajar. Namun hal tersebut tidak menjadi alasan untuk mengahbat peserta didik untuk belajar. Dalam praktek Pengalaman Lapangan atau PPL ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaan meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran, dan fungsinya selama PPL dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan pembelajaran materi fisika di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah, serta piket. Keberhasilan program-program PPL dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Sewon, Tujuan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47466

Actions (login required)

View Item View Item