LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISME DIAN AMANAH

ANIS TUING ISTI NUR SYARIFAH, ANIS TUING ISTI NUR SYARIFAH (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISME DIAN AMANAH. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
ANIS TUING ISTI N.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program yang dirancang untuk melatih mahasiswa jurusan kependidikan untuk berlatih terlibat langsung dalam kegiatan lembaga pendidikan, sehingga mahasiswa mampu menguasai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi. Dengan adanya kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa mampu mempunyai ketrampilan sebagai tenaga profesional kependidikan dan siap secara mandiri mengembangkan tugas sebagai guru. Kegiatan PPL dibagi menjadi dua, yaitu PPL 1 yang dilaksanakan pada Semester Genap dan PPL 2 yang dilaksanakan pada Semester Khusus. Berbeda dengan jurusan lain, PPL 1 di jurusan Pendidikan Luar Biasa merupakan observasi dan kegiatan asesmen kebutuhan serta potensi siswa. Hasil dari PPL 1 yaitu Rancangan Program Pembelajaran (RPP) untuk anak yang kemudian diterapkan pada PPL 2. Kegiatan PPL 2 merupakan hasil dari implementasi kegiatan PPL 1, yaitu berupa praktek mengajar dan berinteraksi langsung secara intens kepada anak. Kegiatan PPL dilaksanakan di SLB Autisme Dian Amanah Yogyakarta dan dimulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016, atau selama 2 bulan. Dalam kegiatan PPL 2 dilakukan praktek mengajar secara langsung kepada siswa sesuai pembagian saat PPL 1. Melalui kegiatan PPL ini, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk belajar menerapkan ilmu yang telah dipelajari di dalam perkuliahan dan mendapat pengalaman baru yang tidak didapatkan di bangku universitas. Materi pembelajaran dalam PPL 2 ini fokus pada pengembangan motorik halus dan perawatan tanaman. Selain itu, materi akademik yang diajarkan yaitu menyamakan dan menghubungkan benda. Rancangan Program Pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa berjumlah 4 RPP. Program mengajar menggunakan metode unjuk kerja dan pemberian tugas. Pendekatan pembelajaran yang digunakan merupakan pendekatan saintifik yang melibatkan tahap mengamati, menanya, mencoba, menalar, sampai dengan mengkomunikasikan). Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Pembelajaran di kelas merupakan pembelajaran akademik dan motorik halus, dan pembelajaran di luar kelas yaitu pembelajaran menyiram tanaman.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ppl, pendidikan, autis, dian amanah
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Feb 2017 00:44
Last Modified: 27 Feb 2017 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47450

Actions (login required)

View Item View Item