LAYANAN PENDIDIKAN BAGI SISWA TUNANETRA LOW VISION KELAS V SD MUHAMMADIYAH BOGOR

Ramadani, Irma Dewi (2017) LAYANAN PENDIDIKAN BAGI SISWA TUNANETRA LOW VISION KELAS V SD MUHAMMADIYAH BOGOR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Irma Dewi Ramadani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan pendidikan siswa tunanetra low vision kelas V SD Muhammadiyah Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah seorang guru kelas, seorang guru agama, seorang guru olahraga dan seorang siswa tunanetra low vision. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian layanan pendidikan siswa tunanetra low vision klas V SD Muhammadiyah Bogor meliputi asesmen berupa asesmen fisik yang dilakukan oleh dokter Rumah Sakit YAP, program pendidikan individual yang tidak dilaksanakan oleh guru kelas, pembelajaran bagi siswa tuanetra low vision yang sama dengan siswa lainnya dan prinsip layanan pendidikan bagi siswa tunanetra low vision yaitu 1) perbesaran warna dengan cara memperbesar tulisan di papan tulis dilakukan oleh guru kelas; 2) prinsip obyek nyata berupa menggunakan media tiruan atau benda nyata yang diberikan kepada siswa saat proses pembelajaran; 3) memperhatikan cahaya dan penerangan melalui penempatan tempat duduk siswa dan ruangan kelas supaya siswa nyaman; 4) penggunaan warna dasar dan tulisan yang kontras untuk siswa sudah dilakukan sedangkan penggunaan warna yang menarik belum dilakukan; 5) penyesuaian tempat duduk dengan menempatkan tempat duduk siswa di barisan paling depan dan mempermudah akses gerak siswa; 6) prinsip suara berupa pengucapan kalimat yang dituliskan guru di papan tulis dengan suara yang jelas dan penggunaan media bersuara; dan 7) metode pengajaran meliputi pemberian motivasi berupa meningkatkan mengerjakan tugas, menasehati supaya rajin, memberikan kata pujian, menunjukkan perhatian, dan menunjukkan kata penyemangat, penebalan materi cetak belum terlaksana, pengadaaan kerja kelompok berupa peningkatan interaksi siswa dengan siswa lain, pemberian tindak lanjut oleh guru dengan menanyakan kejelasan materi terhadap siswa dan pemberian pekerjaan rumah untuk siswa. Kata kunci: Layanan Pendidikan, Siswa Tunanetra Low Vision

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Feb 2017 05:21
Last Modified: 30 Jan 2019 13:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47437

Actions (login required)

View Item View Item