TINGKAT KESIAPAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS IV B SD NEGERI 1 TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA

Utami, Fahad Nisa (2017) TINGKAT KESIAPAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS IV B SD NEGERI 1 TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Fahad Nisa Utami.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan sekolah dalam implementasi pendidikan anak berkebutuhan khusus di kelas IV B SD Negeri 1 Trirenggo Bantul Yogyakarta yang meliputi: kurikulum, tenaga pendidik, sarana-prasarana, dan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, GPK dan siswa kelas IV B, dengan pertimbangan individu yang terlibat secara langsung dalam proses penyelenggaraan pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SD Negeri 1 Trirenggo pada aspek kurikulum, belum semua proses pengembangan PPI diikuti, yaitu untuk pertemuan tim rujuakan dan juga pertemuan tim asesmen; tim pengembang PPI dan pengembangan PPI juga belum dapat dilakukan; modifikasi kurikulum dan inti materi, pengaturan pemberian layanan, perencanaan waktu pelaksanaan dan kriteria evaluasi sudah dilakukan meskipun belum sempurna, sedangkan untuk format PPI, sekolah telah memiliki format tersebut. Pada aspek tenaga pendidik, berdasarkan empat kompetensi teknis guru yang harus dicapai, baru dua kompetensi yang telah dilakukan oleh guru, serta terdapat dua kompetensi kolaboratif yang haruslah dilakukan, namun baru satu kompetensi kolaboratif yang dapat dilakukan. Pada aspek sarana dan prasarana, meskipun sarana prasaran yang ada belum bisa sesuai dengan standar yang seharusnya ada, namun sarana dan prasarana yang ada sudah dapat menunjang kebutuhan siswa; sekolah juga telah melakukan pengelolaan sarana dan prasarana khusus. Pada aspek lingkungan masyarakat, semua indikator telah dilaksanakan, namun pengiriman hasil belajar akan lebih maksimal bila tidak hanya dilakukan satu bulan satu kali. Kata kunci: tingkat kesiapan sekolah, pendidikan inklusi, ABK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Feb 2017 07:13
Last Modified: 30 Jan 2019 13:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47414

Actions (login required)

View Item View Item