PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM PBS (POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Purwandari, Dra., M.Si. and Aini, Mahabbati (2016) PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM PBS (POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) sosialisasi model PBS dan buku panduan hasil penelitian tahun pertama dan kedua, dan 2) desiminasi program PBS pada SD inklusif yang memiliki siswa bermasalah perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian R&D tahun ketiga dari rencana tiga tahun pelaksanaan. Pengambilan data dilakukan melalui angket terbuka dan tertutup hasil dari diseminasi, instrumen berupa buku panduan penerapan program sebagai dokumentasi, pedoman diseminasi, observasi dan wawancara untuk monitoring dan evaluasi. Ujicoba melibatkan 5 SD yang memiliki siswa bermasalah perilaku. Responden dan kolaborator adalah guru kelas subjek tersebut. Analisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) model sosialisasi dilaksanakan melalui seminar dan workshop menujukkan 61%-78% guru menyatakan mampu melaksanakan prosedur PBS. 2) Desiminasi program PBS hasilnya adalah lima siswa mengalami peningkatan keterampilan sosial setelah program selesai, 2 siswa tetap, dan seorang siswa mengalami penurunan skor keterampilan sosial meskipun masih dalam kategori yang sama.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: PBS, keterampilan sosial, siswa SD
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 23 Feb 2017 03:04
Last Modified: 23 Feb 2017 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47400

Actions (login required)

View Item View Item