PENGEMBANGAN GUIDELINE E-LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA YOGYAKARTA BERBASIS EVALUATION OF E-LEARNING MATURITY MODEL (EMM)

Nur Hadi, Waryanto, M.Eng. and Nur, Insani and Retno, Subekti (2016) PENGEMBANGAN GUIDELINE E-LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA YOGYAKARTA BERBASIS EVALUATION OF E-LEARNING MATURITY MODEL (EMM). Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penyediaan infrastruktur teknologi dan pelatihan SDM sama sekali belum menjamin keberhasilan e-learning, kultur organisasi dan faktor leadership memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan e-learning. Pengamatan sepintas menunjukkan bahwa tidak semua persyaratan untuk bisa memanfaatkan e-learning dalam proses pembelajaran secara optimal telah dipenuhi. Selain itu pemanfaatan e-learning khususnya IT dalam kurikulum 2013 adalah suatu keharusan dalam semua mata pelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan/menyusun guideline E-Learning berbasis Evaluation of e-Learning Maturity Model(eMM) untuk sekolah menengah (SMP dan SMA di kota Yogyakarta). Guideline digunakan sebagai panduan untuk pengembangan elearning dalam proses pembelajaran di sekolah khususnya di tingkat SMP dan SMA di kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Model penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi model penelitian reseach and development versi Borg and Gall dan Versi Dick and Carey. Evaluation of e-learning Maturity Model digunakan untuk mengetahui informasi tentang kelemahan dan kekuatan kondisi pengeloalaan e-learning saat ini. Hasil evaluasi tersebut memberikan informasi yang digunakan sebagai dasar penyusunan guideline pengembangan e-learning di sekolah menengah.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: e-learning, maturity, model
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:34
Last Modified: 22 Feb 2017 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47351

Actions (login required)

View Item View Item