LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL Jl. Imogiri Barat Km. 07, Sewon, Bantul, Yogyakarta

Lisa Hendhika Utami, Lisa Hendhika Utami (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL Jl. Imogiri Barat Km. 07, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lisa Hendhika Utami_13102241042.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa Prodi Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman, kesempatan, bekal dalam bidang pembelajaran untuk mengembangkan diri sebagai pendidik atau tenaga kependidikan yang memenuhi empat standar kompetensi guru atau pendidik. PPL PLS UNY tahun 2016 dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Lokasi PPL berada di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Kabupaten Bantul yang beralamat di Jl Imogiri Barat KM 07, Sewon, Bantul. Mahasiswa PPL yang ditempatkan di SKB Bantul sejumlah 15 mahasiswa dengan 4 laki-laki dan 11 perempuan. Kelimabelas mahasiswa memiliki program PPL yang berbeda-beda. Suatu program diperlukan adanya perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Program PPL tertulis dalam matrik mingguan yang terbagi dalam sub-sub yaitu pembuatan program PPL, program tambahan, program mengajar, program nonmengajar, program rutin lembaga, administrasi lembaga, pembuatan laporan ppl dan kegiatan insidental. Berbagai program PPL telah dilaksanakan diantaranya program mengajar sebanyak 9 kali. Program tersebut yaitu 1) mengajar pada program PAUD dalam hal ini KB, 2) Program Kesetaraan Paket B kelas VII sebanyak 3 kali, 3) Program Kesetaraan Paket kelas XI sebanyak 2 kali, 4) Kursus Tata Boga (Resep Kue Madu Sari), 5) Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci pada program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) Perempuan, 6) Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci di Pameran di Bantul Expo. Total jam pelaksanaan program PPL yaitu 303 jam. Program atau kegiatan PPL yang telah dilaksanakan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memenuhi empat standar kompetensi seorang guru atau pendidik. Kompetensi tersebut yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Seorang guru atau pendidik yang kompeten akan mampu meningkatkan mutu pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, Kompetensi Pendidik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47346

Actions (login required)

View Item View Item