LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL Jl. Imogiri Barat Km. 7, Sewon, Bantul, Yogyakarta

Sutrisno, Sutrisno (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL Jl. Imogiri Barat Km. 7, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bab I, II, III.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa guna mengembangakan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Seorang guru/pendidik harus memiliki kompetensi sebagai seorang guru. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan mahasiswa di SKB Bantul Kabupaten Bantul. Pada PPL mahasiswa melakukan kegiatan mengajar dan nonmengajar. Kegiatan mengajar di SKB Bantul Kab. Bantul dilakukan di TPA Prima Sanggar dengan bertemakan kebutuhanku dengan sub tema makanan, Program Kesetaraan Paket B kelas 8 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Program Kesetaraan Paket C kelas XI mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Program Kesetaraan Paket C, materi Keterampilan Komputer, Kursus Tata Boga dan kegiatan mendongeng di TBM Keliling. Sedangkan kegiatan nonmengajar yaitu penyusunan modul Tata Boga, menssetting sentra balok, membantu administrasi lembaga baik di kantor SKB Bantul Kab. Bantul maupun di PAUD Terpadu Prima Sanggar, UK (Uji Kompetensi) Tata Rias, UK (Uji Kompetensi) Tata Busana, Ujian Lokal Tata Boga, Diklat Tutor Kesetaraan, pendampingan pembelajaran, mengklasifikasi buku di TBM SKB Bantul, berpartisipasi dalam pameran Bantul Expo dan membantu persiapan Akreditasi TK Prima Sanggar. Hasil yang diperoleh dari melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di SKB Bantul Kab. Bantul adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, belajar melakukan persiapan sebelum mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ada pada saat melaksanakan kegiatan, mengetahui cara UK (Uji Kompetensi) Tata Busana, Tata Rias, Ujian Lokal Tata Boga, mengetahui pengelolaan TBM dan TBM Keliling, mengetahui persiapan yang dibutuhkan dalam Akreditasi TK, serta melatih bersosialisasi dengan semua pihak yang ada di SKB Bantul Kab. Bantul maupun masyarakat yang menjadi sasaran program PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SKB Bantul Kabupaten Bantul, 2016
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2017 01:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47343

Actions (login required)

View Item View Item