LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PENDATAAN IJIN PENDIRIAN PAUD, TK DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN NON FORMAL DINAS MENENGAH DAN NON FORMAL KABUPATEN BANTUL

Hana Trioktaviyanti, Hana Trioktaviyanti (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PENDATAAN IJIN PENDIRIAN PAUD, TK DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN NON FORMAL DINAS MENENGAH DAN NON FORMAL KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13101241014 HANA TRIOKTAVIYANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) merupakan salah satu bidang yang ada di Dinas Pendidikan Menengah Dan Non Formal Kabupaten Bantul. Salah satu tugas dari bidang pendidikan non formal adalah memberikan ijin pendirian bagi PAUD, TK, dan Pendidikan Masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan pasal 143 dan 145 bahwa dalam pendirian dan pengembangan satuan pendidikan PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan satuan pendidikan non formal wajib memperoleh izin dari pemerintah daerah. Program dilatarbelakangi oleh kesulitannya petugas untuk mengetahui jatuh tempo ijin pendirian lembaga tersebut sehingga tidak jarang banyak sekali lembaga-lembaga yang terlambat untuk memperbaharui ijin pendiriian lembaganya. Dalam pelaksanaannya program ini menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan menggunakan rumus-rumus yang digunakan untuk mengetahui lembaga mana yang sudah habis masa berlaku ijinnya, terlambat, dan yang ijin pendiriannya masih berlaku. Hasil dari program ini berupa rekapitulasi data dan grafik yang akan memudahkan orang untuk membaca berapa jumlah lembaga yang mengajukan ijin pada 2 (dua) tahun terakhir dan berapa lembaga yang terlambat pada setiap tahunnya. Hasil pelaksanaan program PPL utama dan penunjang, keberhasilan progam dapat dikatakan berhasil. Tingkat keberhasilan program mencapai 90 % dan tingkat keterlaksanaan program mencapai 100%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PAUD, TK, Pendidikan Masyarakat, Ijin Pendirian
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47315

Actions (login required)

View Item View Item