LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II PEMBUATAN SISTEM INFORMASI UNTUK REKAPITULASI PERSEDIAAN ASET LANCAR SD DAN SMP DI DINAS PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN BANTUL

Sellvina Wahyu Budiasih, Sellvina Wahyu Budiasih (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II PEMBUATAN SISTEM INFORMASI UNTUK REKAPITULASI PERSEDIAAN ASET LANCAR SD DAN SMP DI DINAS PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sellvina W.B_Laporan PPL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dinas Pendidikan Dasar merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah di bidang pendidikan yang dipimpin oleh kepala dinas dan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada bupati melalui sekretaris daerah. Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul mempunyai tugas pokok yaitu melaksanakan urusan rumah tangga pemerintah daerah dan tugas pembantuan di bidang pendidikan. Sub Bagian Keuangan dan Aset merupakan salah satu bagian dari Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul. Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul termasuk SKPD yang harus menyelesaikan laporan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Bantul. Termasuk di dalam laporan keuangan tersebut yaitu aset lancar. Di Sub Bagian Keuangan dan Aset Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul memiliki masalah pada rekapitulasi persediaan aset lancar, yaitu sudah berbasis komputer dengan menggunakan Microsoft Excel, namun dalam proses pengolahan datanya masih secara manual (tidak otomatis). Oleh karena itu, sistem untuk pengolahan data pada rekapitulasi persediaan aset lancar perlu dibuat dan dilaksanakan demi meningkatkan efisiensi kinerja lembaga. Program utama PPL yaitu Pembuatan Sistem Informasi untuk Rekapitulasi Persediaan Aset Lancar SD dan SMP di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul. Pembuatan aplikasi ini mengalami perubahan dari rancangan awal. Pada rancangan aplikasi dibuat dengan rumus dasar Microsoft Excel, namun pada pelaksanaan penyusun memilih untuk menggunakan VBA (Visual Basic for Applications). Secara keseluruhan keberhasilan progam yang dilakukan mahasiswa dapat dikatakan mencapai 95% pada tingkat keberhasilannya namun pada keterlaksanaan progam sudah mencapai 100%. Kepuasan tersendiri yang dirasa penyusun yaitu bisa membuat sistem informasi jauh lebih baik dari rancangan awal yang justru lebih memudahkan pegawai dalam melakukan rekapitulasi persediaan aset lancar serta pegawai merasa terbantu dan merekomendasikan untuk dikembangkan lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Microsoft Excel, Sistem Informasi, Keuangan, Aset
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47308

Actions (login required)

View Item View Item